Penulis merasa perlu mengangkat kembali PRASETYA(SUMPAH) SUCI LELUHUR JAWA untuk melawan lupa agar generasi jawa sekarang tidak melupakan asal usul leluhurnya termasuk didalamnya sejarah dan budayanya yang selalu dikaitkan dengan "INDIANISASI" atau "ke-INDIA INDIA-an" ini sesuatu sangat ironis dan tragis.
Wacana propoganda INDIANISASI yang digaungkan oleh pihak kolonial barat untuk mengaburkan asal usul, sejarah dan budaya adiluhung leluhur Nusantara, kenapa demikian??? agar generasi penerusnya tidak mempunyai pemahaman tentang leluhurnya tersebut sehingga rasa kebanggaan pada leluhurnya menjadi hilang, dan jika sudah hilang maka tidak akan ada rasa bakti(berbakti) pada leluhur serta menganggap leluhurnya itu bodoh dan tak berbudaya dengan label "ANIMISME dan DINAMISME".
Dan hal yang paling aneh dan konyol adalah generasi kemerdekaan(sekarang) menyatakan anti kolonialisme tetapi pemahaman/pandangan ahli kolonial masih dipertahankan bahkan dilanggengkan khususnya dalam pendidikan kesejarahan dan budaya di Indonesia yg mengacu pada Indianisasi yang merupakan pendapat imajinasi para ahli kolonial.
Untuk itulah perlu kiranya mencari kembali sesuatu yang telah dihilangkan/dikaburkan oleh pihak kolonial saat menjajah nusantara khususnya khususnya di jawa, kita akan membuka kembali ingatan masa lampau sejarah leluhur jawa berdasarkan catatan-catatan yang ditinggalkan salah satunya berupa sumpah suci leluhur jawa saat mereka menginjakkan kaki di pulau jawa berdasarkan naskah-naskah kuno dan cerita tutur masyarakat pesisir jawa khususnya Rembang dan Jepara.
Saat orang-orang tiongkok meninggalkan daratan tiongkok dan bermigrasi ke pulau jawa, orang-orang tiongkok dari dinasti chao (yang merupakan leluhur awal orang/suku jawa) tersebut melakukan ritual dan sumpah suci dimana dalam ritual dan sumpah suci tersebut agar anak turunnya tidak melupakan asal usul leluhurnya dan selalu menjaga adat dan budaya dimanapun berada.
Adapun Isi Prasetya(sumpah) Suci Leluhur Jawa adalah:
1.) Wong Jo-wo turun-temurun tutug Jaman opo wae tetep podho ngrungkepi Totopercayaan Suci Hwuning, naluri soko pepunden Nuso Bruney bongso Chaow (=inggatan[minggat]=ngumboro) soko Nuso Hai-Nan; jaman Jamajujo 3000 taon kepungkur. Guru-guru Agung bawono Masriki ugo durung miyos neng Alam-ndonya, yokuwi: 1. Laow Tze Tao, 2. Hud Tze Buddho, 3. Kong Tze Khonghucu.
Wondene asal-usule bongso Chaow sing kawitan kuwi wong soko negoro Chino, tepise bengawan Yang Tze Kiang udhik diapit gunung Kwen Lun lan gunung Tang La, Ching Wai. Wong-wong mau sumebar mengidul ning bumi Tiongkok-Kidul (Nalika 4000 taun kepungkur=2000 taon sakdurunge taon Masehi), ngliwati sakidule gunung Yun Lin. Ngliwati Yue Nan, Kwang Sie, Kwang Tung. Nuli nyabrang segara munggah dharatan Nuso Hei-Nan, sabanjure nuli nyabrang mlebu Nuso Bruney; sumebar anjrah dadi bongso anyar suku Dhai-ak rupo-rupo jenenge manut arane Bengawan-bengawan kono (Barito: Maanyan-siung. Kayan: Apokayan, Kenya. Segah: Segal. Maham. Punan. Sampit). Sawise dadi wong Dhai-ak Sam-Pit nuli ngumboro maneh nyabrang samudro ngancik Nuso Kan-Dhang(Kendheng), malih ngganti aran: Bongso Jo-wo(chao-wo).
2.) Ing mbesuk Wong-wong jo-wo neng Negoro ngendi wae tansah podho nguri-uri ngagungake Ke-Jowone, lan mekarake Senibudoyo Jo-wo.
3.) Wong Jo-wo sing nyingkur/nyepele ke-Jowo-ne bakal dadi wong Jowo-jawal sing ora nduwe Dhangkel lan Oyod-lajer. Uripe tansah Nglindur lan Mbangkong nganti ngoyo ngayal-anduporo, nguber kaendahane Jodhog-layung ing wayah surup Sandyakolo.
Referensi:
-Mbah Guru, Naskah Sejarah Kawitane Wong Jowo Lan Wong Kanung
-Kie Sen Dhang, Naskah Kuno Sendhang Nata Kan-Dhang
-Cerita Tutur Masyarakat Jepara & Rembang
Komentar
Posting Komentar