Dalam bahasa indonesia khususnya bahasa jawa, sering kita mendengar kata "Batin" yang diasosiasikan/diartikan(disamakan) sebagai ati/hati, tetapi sebenarnya makna kata batin dan hati/ati itu berbeda, makna kata batin itu jauh lebih dalam yang berkaitan dengan spiritualitas tentang diri sejati manusia, yang sering dikenal dengan ajaran "Ka-Batin-An", kata batin berasal dari pemahaman tiongkok kuno yang dibawa oleh leluhur nusantara dari tanah leluhurnya(tiongkok) ke nusantara(migrasi), untuk lebih jelasnya akan dijelaskan secara filologi dan historisnya sebagai berikut ini:
寶田 BAO-TIAN ATAU BA-TIN
Kata Ba-Tin dari kata Bao dan Tian yang maknanya adalah :
寶 Bao artinya BARANG YANG BERHARGA, HARTA YANG BERHARGA, HARTA BERHARGA YANG TIDAK TERLIHAT, HARTA YANG TERPENDAM, BENDA YANG BERHARGA.
寶 Bao (Pao) dalam dialek lain :
Kanton : Bou, Pou
Hakka (Khek) : Po, Bo, Bau, Pau
Min Dong (Fu Zhou) : Bo, Po
Min Nan (Hokkien) : Po
Teochew : Bo, Po
Wu (Shanghai) :Pau, Po
Vietnam : Bao, Bau, Bu
田 Tian artinya BIDANG, TEMPAT, BIDANG YANG UNTUK DIOLAH, LAHAN
田 Tian (Tien) dalam dialek lain :
Kanton : Tin
Hakka (Khek) : Thien
Min Dong (Fu Zhou) : Dieng, Tieng
Min Nan (Hokkien) : Tian, Tien
Teochew : Tieng, Tiang
Wu (Shanghai) : Di, Ti
Vietnam : Dien, Tien, Ruong
Kata 寶 Bao yang artinya HARTA YANG BERHARGA atau HARTA BERHARGA YANG TIDAK TAMPAK merujuk kepada 三寶 SAN BAO (SAN PAO atau SAM PO) yaitu TIGA HARTA BERHARGA YANG TIDAK TAMPAK yang merujuk didalam diri (dalam Tubuh) yaitu 精 JING, 氣 QI (CHI) dan 神 SHEN.
Jadi kata 寶田 Bao-Tian atau Ba-Tin artinya BIDANG BERHARGA YANG UNTUK DIOLAH YANG MERUJUK KEPADA TIGA HARTA BERHARGA YANG BERADA DIDALAM DIRI (YANG TIDAK TAMPAK).
Kata Ba-Tin atau Bao-Tian merupakan penyebutan lain atau penjelasan dalam praktek 內丹 NEI DAN (NEI TAN) sebagai Ajaran Tao.
Kata 內 Nei artinya DIDALAM atau DALAM DIRI (DALAM TUBUH) atau INTERNAL, sedangkan kata 丹 Dan (Tan) artinya CAIRAN KEHIDUPAN atau AIR KEHIDUPAN atau ZAT HALUS atau ALKIMIA atau ELIXIR OF LIVE atau ELIXIR OF IMMORTALITY atau dalam pewayangan disebut sebagai TIRTA PARWITA atau TIRTA AMERTA atau TIRTA PERWITA SARI.
Di dalam tubuh (diri) atau 內 Nei disebutkan ada Tiga Tempat atau Bidang atau 田 Tian (Tien atau Tin) yang disebut sebagai 三丹田 San Dan Tian (San Tan Tien atau Tan Tin) yaitu :
Dari ke-tiga bidang atau tempat didalam diri (tubuh) yang merupakan satu kesatuan inilah apa yang disebut sebagai BAO-TIAN atau BA-TIN.
Ke-tiga Bidang atau tempat ini merupakan sebagai rujukan untuk penyebutan kata FISIK, MENTAL dan SPIRITUAL.
Dalam tradisi di Jawa kata Ba-Tin ini menjadi nama suatu ajaran yang disebut sebagai Ke Ba-Tin An (Kebatinan) yang merupakan representasi dari sumber ajaran Tiongkok kuno dalam ajaran dan kepercayaan Tao yang mengajarkan Praktek 內丹 NEI DAN (NEI TAN).
Oleh.
真 皓腦內
Jan Honone/Zhen Haonuonei.
Editor.
Koh Tzu
Komentar
Posting Komentar