Langsung ke konten utama

Asal Mula Arjuna Wiwaha Dalam Tinjauan Kritis



Kata WIWAHA terbentuk dari kata :

癸 GUI (KUI) atau WI/KWI/KUI artinya URUTAN KE SEPULUH/TERAKHIR DARI BATANG LANGIT (天干 TIAN GAN), KESEPULUH

劃 HUA atau WA/HWA artinya MENANDAI, MEMBAGI, MEMOTONG, BATAS, GARIS

亥 HAI atau HA/HO/HAI/HOI artinya BABI, URUTAN KE DUA BELAS/TERAKHIR DARI CABANG BUMI (十二 支 SHI ER ZI), SHIO BABI

Jadi makna 癸劃亥 GUI HUA HAI atau KWI HWA HAI atau WI WA HA artinya BATAS AKHIR / TAHUN TERAKHIR KE-12 CABANG BUMI DAN KE-10 BATANG LANGIT DARI SIKLUS GAN ZI (SIKLUS 60 TAHUNAN).

Kata 癸劃亥 WI WA HA atau KWI HWA HAI atau GUI HUA HAI merupkan penjabaran dari kata 癸亥 GUI HAI atau KWI HAI atau WI HA artinya TAHUN KE ENAM PULUH atau TAHUN TERAKHIR DALAM SIKLUS ENAM PULUH TAHUN ATAU 六十干支 LIU SHI GAN ZI, dalam tradisi Tiongkok dalam tahun ini disebut sebagai SHIO BABI AIR.

干支 GAN ZI atau siklus 60 tahunan merupakan perhitungan waktu dalam tradisi Tiongkok.

Dalam tradisi Tiongkok terdapat 天干 TIAN GAN atau BATANG LANGIT (十天干 SHI TIAN GAN atau SEPULUH BATANG LANGIT) dan 地支 DI ZHI (十二 支 SHI ER ZI atau DUA BELAS CABANG BUMI) merupakan siklus 60 tahunan / 60 tahun dalam satu siklus. Siklus ini biasa disebut sebagai 六十干支 LIU SHI GANZI artinya ENAM PULUH BATANG DAN CABANG atau kependekannya 干支 GAN ZI artinya BATANG (BATANG LANGIT) dan CABANG (CABANG BUMI).

Perhitungan waktu yang terkait dengan 六十干支 LIU SHI GAN ZI atau ENAM PULUH BATANG LANGIT DAN CABANG BUMI diperuntukan juga dalam perhitungan waktu yang terkecil seperti dalam pergantian hari (siang-malam) dan Jam (menit-detik).

Siklus enam puluh tahunan atau GAN ZI di mulai dari tahun 甲子 JIA ZI atau KA-ZI/KA-CHI/KA-CHU artinya TAHUN PERTAMA DARI GAN ZI (SIKLUS ENAM PULUH TAHUN) atau sebagai SHIO TIKUS KAYU, tahun ini merupkan tahun pertama yang dimulainya suatu siklus 60 tahunan yang merupakan tahun pertama masa Kaisar KUNING atau HUANG DI memerintah yang setara dengan 2697 atau 2696 SM.

Tahun ke-2 disebut 乙丑 YI CHOU atau I CHO atau YUT/YU CAU atau IT TIU artinya TAHUN KE DUA DARI GAN ZI (SIKLUS ENAM PULUH TAHUN) atau sebagai SHIO KERBAU KAYU, sedangkan tahun terakhir atau yang ke-60 disebut sebagai 癸亥 GUI HAI atau KUI HAI/KWI HAI atau WI HA artinya TAHUN KE ENAM PULUH DARI GAN ZI (SIKLUS ENAM PULUH TAHUN).

Dalam tradisi Tiongkok ke-10 BATANG LANGIT atau TIAN GAN tersebut berpasangan dalam berurutan yang mempunyai unsur YIN-YANG yang menjadi sebagai LIMA UNSUR atau LIMA ELEMEN yang dikenal sebagai 五行 WU XING, yang terdiri dari elemen : KAYU (urutan pertama dan ke dua dari Batang Langit/Tian Gan), API (urutan ke tiga dan ke empat dari Batang Langit/Tian Ga), BUMI / TANAH (urutan ke lima dan ke enam dari Batang Langit/Tian Gan), LOGAM (urutan ke tujuh dan ke delapan dari Batang Langit/Tian Gan) dan AIR (urutan ke sembilan dan ke sepuluh dari Batang Langit/Tian Gan).

Kata “KA-YU” sendiri diambil dari urutan PERTAMA dan KE DUA dari BATANG LANGIT yaitu 甲 JIA (CIA) atau KA/KAH (dalam dialek Hokkien) artinya PERTAMA DARI 10 BATANG LANGIT (TIAN GAN) dan 乙 YI (I), JYUT/YUHT/YUH/YU (dalam dialek Kanton dan Hokkien) artinya KE DUA DARI 10 BATANG LANGIT (TIAN GAN).

Pada masa saat ini (abad ke-19) yang termasuk siklus enam puluh tahunan 癸亥 GUI HAI atau KUI HAI/KWI HAI/WI HA atau SHIO BABI AIR yang jatuh pada tahun 1923 dan 1983 M, jika di tarik mundur ke belakang selama kurun waktu 60 tahunan dengan disetarakan pada masa pemerintahan AIR LANGGA itu jatuh pada tahun 1023 M.

Jadi pada tahun 1023 M merupakan berdirinya Kerajaan PAN JIA-LU (PAN CIA-LU) atau kadang disebut sebagai KAHURIPAN yang didirikan oleh AIR LANGGA dengan perhitungan waktu (siklus 60 tahunan) pada tahun 癸亥 GUI HAI atau KWI HAI atau WI HA atau Tahun BABI AIR dalam LIU SHI GAN ZI atau SIKLUS 60 TAHUNAN yang merupkan penghitungan waktu menurut tradisi Tiongkok dengan ditandainya pembuatan Kakawin ARJUNA WI-WA-HA oleh EM-PU KAN-WA.

Makna PAN JIA-LU sendiri dari kata :

藩 FAN atau PAN artinya NEGARA BAWAHAN, WILAYAH TERLUAR / PERBATASAN TERLUAR, BATAS, PAGAR

家 JIA atau CIA, GA, KA artinya KELUARGA, RUMAH KELUARGA, RUMAH PENGUASA, RUMAH TANGGA, PERUSAHAAN, WILAYAH USAHA, TEMPAT TINGGAL / RUMAH

呂 LU atau Lǚ, LO, LY (Vietnam, yang menjadi Dinasti LY Vietnam utara 1009-1054 M dan 1054-1225 M), LI, LIR, LEOI, LEUI/LEWI, LUI

Jadi makna 藩家呂 FAN JIA-Lǚ atau PAN JIA-LU artinya WILAYAH TERLUAR BAGIAN DARI RUMAH KELUARGA Lǚ / LO / LY / LI / LUI / LEUI / LEWI YANG MERUPAKAN WILAYAH BAWAHAN 家呂 JIA-LU atau 家李 JIA-LY atau DINASTY LY, 大越 DAI VIET 1009-1054 M dan 1054-1225 M.

Kata JIA-Lǚ / JIA-LU yang kata JIA (CIA) berdialek lain diucapkan sebagai GA atau KA sama maknanya dengan kata GA- Lǚ / GA-LU / GA-LUH yang artinya RUMAH KELUARGA 呂 Lǚ atau LO atau LY/LI atau LUI.

Dalam sejarah AirLangga menikah dengan Mahendradatta seorang putri dari Sri Lo-Ka Pa-La (Mahkuta Wangsa Wardhana) dengan Isyana(Isana) Tunggawijaya (Putri dari Em-Pu Sin-Do).

Sri Lo-Ka Pa-La merupakan dari Klan keluarga 呂家 Lǚ-JIA (CHIA) atau LO-GA atau LO-KA yang maknanya sama dengan 氏 ZHI atau ZHE/SHE artinya Keluarga, Marga atau Klan.

Keluarga 呂 Lǚ-, LU, LO, LY, LI, LIR, LEOI, LEUI/LEWI, LUI yang merupakan Dinasti LY Dai Viet atau Ei Viet, Vietnam utara 1009-1054 M dan 1054-1225 M.

Sedangkan AIR LANG-GA merupakan dari Klan Keluarga 楊 YANG atau YAN, IAN, YO, NYO, NJO, JO, DUONG (dialek Vietnam) atau dalam dialek kuno Hokkien atau Peh-Oe-Ji : LANG, LONG, LEONG, LUN.

Nama AI-R dari kata : 海 HAI atau AI artinya AIR atau LAUTAN, SAMUDRA, sedangkan 兒 ER atau R artinya ANAK, PUTRA, PANGGILAN KESAYANGAN UNTUK NAK/NA ATAU LE, jadi makna 海兒 HAI-ER atau AI-ER (AI-R) artinya ANAK SAMUDRA atau PUTRA SAMUDRA.

Nama 海兒 HAI-ER atau AI-ER (AI-R) yang artinya ANAK SAMUDRA atau ANAK LAUT merupakan nama kiasan dari Sungai 長江 CHANG JIANG artinya SUNGAI PANJANG atau Sungai 揚子 YANG-ZI (YANG-TZE) atau 揚子江 YANG-ZI JIANG (YANG-TZE CHIANG).

Kata LANG-GA sama maknanya dengan 楊家 YANG-JIA atau YANG-GA/YANG-KA, dialek LANG merupakan dialek kuno dari YANG dan DUONG-NHA sebagai dialek Vietnam, yang sama maknanya dengan kata 楊下 YAN-XIA atau YAN-HA atau YAN-A, dengan kata YAN sama dengan YANG atau LANG atau YO atau DUONG-NHA yang merupakan Klan Keluarga, sedangkan kata 下 XIA atau HA atau A artinya MENURUNKAN atau KETURUNAN atau YANG MEWARISKAN, jadi kata 楊下 YAN-A atau YAN-HA atau YAN-XIA artinya KETURUNAN YAN/YANG/LANG.

Disebutkan dalam sejarah bahwa ayah dari Airlangga yaitu WU-DA YAN-HA atau U-DA YAN-A dan juga merupakan Klan Keluarga dari I-S YAN-A (ISYANA) yang sama dengan EM-PU SEN DOU yang mendirikan Wangsa I-S YAN-A (ISYANA).

Kata I-S YAN-A (ISYANA) dari kata :

彝 YI atau I artinya ORANG YI/I, KELOMPOK ETNIS YI/I TIONGKOK

自 ZI atau TZE/TSZ/TZU artinya DIRI, PRIBADI

彝自 YI-ZI atau I-TSZ/I-S artinya DIRI KELOMPOK ETNIS (SUKU) YI/I

楊 YANG atau YAN artinya KLAN KELUARGA YANG, YAN, LANG, DUONG, YO, JO

下 XIA (SIA) atau HA/A artinya MENURUNKAN, MEWARISKAN, KETURUNAN, DIBAWAH, UNTUK KE BAWAH

楊下 YANG-XIA atau YAN-HA atau YAN-A artinya KETURUNAN KLAN KELUARGA YANG / YAN / LANG.

Jadi makna 彝自楊下 YI-ZI YANG-XIA atau I-TSZ YAN-HA atau I-S YAN-A artinya KETURUNAN KLAN KELUARGA YANG / YAN / LANG SEBAGAI DIRI KELOMPOK ETNIS (SUKU) YI/I.

Klan Keluarga 楊 YANG atau YAN atau LANG atau DUONG (dialek Vietnam) merupakan klan dari Rumah Penguasa Keluarga Kerajaan 吳 WU atau 楊吳 YANG WU atau 淮南 HUAI NAN atau 弘農 HONG NONG atau 南 吳 NAN WU yang didirikan oleh 楊行密 YANG XING MI pada tahun 907-937 M pada masa masa 十國 SHI GUO artinya SEPULUH KERAJAAN atau 五代 十 國 WU DAI SHI GUO artinya LIMA DINASTI DAN SEPULUH KERAJAAN pada tahun 907-979 M.

楊行密 YANG XING MI merupakan seorang 節度使 JIE DU SHI (GUBERNUR JENDRAL) pada tahun 892-907 M yang menangani sirkuit/wilayah 淮南 HUAI NAN dengan kantor pusat di ibukota 扬州 YANG ZHOU (sekarang dibawah propinsi 江苏 JIANG-SU) pada masa Dinasti TANG.

Dalam buku 新唐書 XIN TANG SHU atau CATATAN SEJARAH BARU DINASTI TANG disebutkan bahwa Klan Keluarga 楊 YANG atau YAN atau LANG atau DUONG (dialek Vietnam) merupakan Komandan Militer di wilayah HONG NONG yang dibentuk pada tahun 113 SM masa Dinasti HAN yang disebut 弘農郡 HONG NONG JUN (HONG NONG CHUN) hingga pada masa dinasti TANG yang wilayahnya terletak di barat 河南 HE-NAN hingga di Tenggara 陝西 SHAN-XI yang meliputi 11 Kabupaten.

Putra 楊行密 YANG XING MI yang bernama 楊渥 YANG WO tahun 886-908 M menyandang gelar 弘農 威王 HONG NONG WEI WANG artinya PANGERAN WEI DARI HONG NONG.

Klan keluarga 楊 YANG atau YAN atau LANG atau YO atau DUONG (dialek Vietnam) dari Kerajaan 吳 WU atau 楊吳 YANG WU terkait dengan 楊廷 藝 YANG TING YI atau DUONG DINH NGHE (dialek Vietnam) yang merupakan administrator propinsi yang kemudian menjadi 節度使 JIE DU SHI di 交趾 atau 交 阯 JIAO ZHI atau CHIAO CHI atau GIAO CHI (dialek Vietnam) yang sekarang di Vietnam utara pada tahun 931 M, yang setelah itu menantunya yang bernama NGO QUYEN (dalam dialek Vietnam) atau 吳權 WU QUAN mendirikan Dinasti 吳 WU atau NGO di Dai Viet atau Ei Viet tahun 939-965 M.

Klan keluarga 楊 YANG atau YAN atau LANG atau YO atau DUONG (dialek Vietnam) terkait dengan Kaisar Dinasti SUI atau 隋朝 SUI CHAO yaitu 楊堅 YANG JIAN atau nama lainnya NA-RA YAN-A atau 那羅延 NA-LUO YAN tahun 541-604 M (dalam pewayangan NARAYANA adalah nama lain dari Prabu KRESNA).

Klan keluarga 楊 YANG atau YAN atau LANG atau YO atau DUONG (dialek Vietnam) merujuk kepada nama DA-PUN TA-YAN atau DA-PUN TA-YANG yang disebutkan dalam prasati kedukan bukit tahun 682 M di Palembang, yang diperkirakan bertugas pada tahun 671-702 M sebagai Komandan wilayah di Sriwijaya (sekarang di Palembang).

Klan keluarga 楊 YANG atau YAN atau LANG atau DUONG (dialek Vietnam) terkait juga dengan kerajaan 夜郎 YE-LANG di wilayah 貴陽 GUI YANG, GUI ZHOU sepanjang 牂柯河 ZANG-KE HE atau Sungai ZANG-KE (kemudian menjadi sungai 北盘江 BEI PAN JIANG).

Sebuah stempel dari Dinasti Han masih disimpan oleh YANG JIN WEN sebagai genarasi ke-75 dari kerajaan YE-LANG.

Kata 牂 ZANG artinya DOMBA BETINA atau KAMBING BETINA merupakan karakter radikal 爿 PAN atau VAN atau BAN artinya SISI atau TEPI dan ponotik dari 羊 YANG atau LANG atau YAN atau DUONG (dialek Vietnam) artinya DOMBA atau KAMBING.

Kata 牂 ZANG atau 長 CHANG / ZHANG atau JANG (yang keduanya merujuk penyebutan nama sungai YANG-ZI atau YANG-TZE) digunakan pada nama 牂家老 ZANG-JIA LAO atau 長家老 (CHANG)ZHANG-GA LA / JANG-GO LO artinya KELUARGA ZANG/ZHANG/CHANG (JANG) YANG TUA ketika AIR LANGGA membagi dua wilayah kerajaannya antara PAN-JIA LU dan 牂家老 atau 長家老 JANG-GA LA.

Klan keluarga 楊 YANG atau YAN atau LANG atau DUONG (dialek Vietnam) terkait juga dengan Dinasti HONG BANG atau VAN LANG yang pendirinya bernama 涇陽王 JING YANG WANG atau KINH DUONG VUONG dalam dialek Vietnam dan yang terakhir 安陽王 AN YANG WANG atau AN DUONG VUONG dalam dialek Vietnam.

Jika ditarik jauh ke belakang klan Keluarga 楊 YANG atau YAN atau LANG leluhurnya adalah YANG JIAN atau 二郎神 ER-LANG SHEN atau DEWA ER-LANG (dalam pewayangan yang merupakan WISNU).

KAKAWIN ARJUNA WI-WA-HA

Kakawin Arjuna Wiwaha merupakan gubahan tokoh pewayangan tetapi kisahnya menyadur dari kisah perjalanan DEWA 呂洞賓 LU DONG BIN (LU TUNG PIN) atau LI TUNG PIN (dialek Khek/Hakka).

Dalam kisah disebutkan ketika Arjuna bertapa dia diuji dengan digoda oleh Bidadari salah satunya Dewi Supraba, tetapi Bidadari tersebut tidak berhasil menggoda Arjuna.

Didalam kisah hidup 呂洞賓 Lu Dong Bin (Lu Tung Pin) untuk menjadi murid dari Dewa 鍾離權 Zhong Li Quan atau di sebut juga sebagai 雲房 先生 YUN FANG XIAN SHENG (Tuan Penguasa Awan) dia di uji (disebutkan ada 10 ujian yang diberikan kepada Lu Tung Pin) salah satunya adalah ketika dia tinggal dalam sebuah gubuk (versi lain menyebutkan tinggal di goa) di gunung suatu ketika datang seorang gadis cantik dan meminta kepada Lu Tung Pin untuk tinggal di dalam sebuah gubuk bersamanya karena gadis tersebut tersesat, ketika malam tiba gadis tersebut menggodanya tetapi Lu Tung Pin tidak bergeming atau tergoda terhadap godaan gadis cantic tersebut.

Dalam versi yang lain gadis cantik tersebut bernama 白牡丹 BAI MU DAN (PAI MU TAN) artinya BUNGA PEONY PUTIH seorang Peri Peony atau Dewi Peony putih.

Kata 白 BAI dialek lain BA/BO artinya PUTIH yang digunakan pada BAI(BO) MU TAN merupakan kata yang sama yang di gunakan kepada DEWI SUPRA-BA(BO).

Setelah Bidadari gagal dalam tugasnya atas perintah Batara Indra untuk menggoda Arjuna kemudian datang Batara Indra yang menyamar sebagai Resi.

Batara Indra merupakan representasi dari Tubuh atau Badan atau Wujud atau Bentuk yang merupakan godaan sebagai bentuk dari ganjalan dalam jalan Kasampurnaan yang dapat dilalui oleh Arjuna seperti halnya ujian yang dilalui oleh Lu Tung Pin.

Setelah itu Arjuna bersaing dengan seorang Pemburu untuk membunuh Raksasa (Siluman, Hantu atau Setan) yang bernama Muka yang ingin membunuh Arjuna dalam wujud bentuk Babi, kemudian Babi dapat di bunuh oleh panah Arjuna dan pemburu tetapi Arjuna dan pemburu saling berselisih hingga akhirnya bertarung dengan akhir sang pemburu berubah wujud menjadi Batara Guru.

Dalam ujian Lu Tung Pin disebutkan ketika dia berada sendirian didalam rumah tiba-tiba Hantu, siluman dan setan ingin membunuhnya, tetapi Lu Tung Pin tidak menunjukan rasa takut malah dengan berani memberikan nyawanya, sesaat setelah itu Siluman, hantu dan setan menghilang yang ada tinggal Dewa Zong Li Quan yang merupakan sebagai Gurunya.

Dalam pertemuan antara Arjuna dengan Batara guru, Arjuna diberikan senjata PASO PATI dan pengetahuan gaib, yang kemudian senjata tersebut digunakan untuk melawan Niwatakawaca.

Dalam pertemuan antara Lu Tung Pin dan Zhong Li Quan, Lu Tung Pin memberikan 八仙 劍法 BA-XIAN JIAN-FA (PA-SHIEN CIEN-FA) artinya JURUS PEDANG MATA DUA DARI DELAPAN DEWA dan RAHASIA LANGIT.

PASO PATI

PA-SO

法 FA atau PA/FAT/PAT artinya METODE, CARA, JURUS, ATURAN, HUKUM, PRINSIP DARI ALAM SEMESTA

菆 ZOU atau TSOU/TSO/TSAU artinya PANAH, HUTAN

Jadi makna 法菆 FA-ZOU atau PA-SO artinya JURUS (ATURAN) MENGGUNAKAN PANAH.

PA-TI

八 BA/PA atau PA, BAT/PAT, PEH/PEK artinya DELAPAN, SEMUA SISI, SEBUTAN PENDEK UNTUK 八卦 BA GUA/PA KUA.

帝 DI atau TI artinya DEWA, TUHAN, KAISAR, YANG BERDAULAT

Atau…

第 DI atau TI artinya URUTAN, KELAS, GELAR, DERAJAT

Jadi makna 八帝 BA-DI atau PA-TI artinya DELAPAN DEWA BA-DI atau 八第 BA-DI atau PA-TI artinya URUTAN KE DELAPAN YANG MERUJUK KEPADA DELAPAN DEWA (八仙 BA-XIAN / PA-SIEN) YAITU DEWA 呂洞賓 LU DONG BIN (LU TUNG PIN/LU TONG PIN).

Kata 法菆 八帝 FA-ZOU BA-DI atau PA-SO PA-TI merupakan gubahan dari kata 八仙 劍法 BA-XIAN JIAN-FA artinya CARA MENGGUNAKAN (JURUS PEDANG) DELAPAN DEWA, dengan kata 劍法 JIAN FA yang artinya JURUS MENGGUNAKAN PEDANG (SENJATA) digubah menjadi 法菆 FA-ZOU atau PA-SO artinya JURUS MENGGUNAKAN PANAH, sedangkan kata 八仙 BA-XIAN atau PA-SIEN artinya DELAPAN DEWA sama maknanya dengan 八帝 BA-DI atau PA-TI artinya DELAPAN DEWA.

Kata 劍 JIAN artinya PEDANG BERMATA DUA, phonotik yang sama dengan JIAN yang karakternya 箭 JIAN artinya PANAH yang sama dengan 菆 ZOU artinya PANAH, baik PEDANG dan PANAH ke-duanya merupakan SENJATA.

八仙 劍法 BA-XIAN JIAN-FA merupakan JURUS PEDANG YANG DI WARISKAN DARI DEWA 鍾離權 ZHONG LI QUAN (CHUNG LI CHUAN/CHENG LI KOAN) KEPADA 呂洞賓 LU DONG BIN (LU TUNG PIN/LU TONG PIN).

Lu Tung Pin merupakan yang mengajarkan praktek 內丹 NEI DAN (NEI TAN) artinya MENGOLAH CAIRAN HIDUP DI DALAM DIRI atau 金丹 JIN DAN (CHIN TAN) artinya CAIRAN HIDUP KUNING EMAS dan menolak praktek 外丹 WAI DAN (WEI TAN) artinya CAIRAN HIDUP DI LUAR TUBUH, karena dapat menyebabkan kematian.

Pesan tersebut di representasikan ke dalam tokoh Niwatakawaca yang mempunyai kelemahan di ujung Lidah yang merupakan salah satu indra atau alat untuk makan dan minum sebagai jalan awal dalam meminum atau memakan Pil atau Obat Keabadian yang merupakan praktek dari 外丹 WAI DAN (WEI TAN).

Setelah kepergian Arjuna kembali ke Bumi ke-tujuh Bidadari berkeluh kesah atau menangis atas kepergian sang Arjuna.

Dalam Kisah kelahiran Zhong Li Quan disebutkan bahwa dia menangis selama Tujuh hari tujuh malam.

劍指字 JIAN ZHI ZI ATAU 劍指 JIAN ZHI ARTINYA SIMBOL JARI PEDANG ATAU JARI PEDANG (SIMBOL DUA JARI TELUNJUK DAN TENGAH )

Simbol JARI PEDANG atau 劍指 JIAN ZHI atau 劍指字 JIAN ZHI ZI merupakan simbol yang digunakan oleh Keluarga 楊家 YANG-JIA/YANG-GA atau LANG-GA atau YAN-HA/YAN-A atau YO-GA atau DUONG-GA, banyak dijumpai atau dilihat pada lukisan dan patung DEWA 二郎神 ER-LANG SHEN atau 楊戩 YANG JIAN dengan tangannya menunjukan DUA JARI atau JIAN ZHI.

Kata JIAN ZHI juga dapat dimakna 戩隻 JIANZHI yang kata 戩 JIAN diambil dari nama 楊戩 YANG JIAN atau 二郎神 ER-LANG SHEN DEWA, yaitu

戩 JIAN (CHIEN) atau KIM/KIEM artinya ANUGRAH(NUGRAHA), RAHMAT, BERKAH, HADIAH DARI LANGIT atau MENGHANCURKAN, MEMBASMI

隻 ZHI (CHI) atau ZE/TSE artinya SEPASANG, TUNGGAL, BURUNG

Simbol JIAN ZHI atau DUA JARI digunakan pula pada lukisan dan patung 呂洞賓 DEWA LU DONG BIN (LU TUNG PIN) dan juga didapati pada Patung GARUDA WISNU KENCANA.

Praktek meditasi yang digunakan oleh Keluarga 楊家 YANG-JIA/YANG-GA atau LANG-GA atau YAN-HA/YAN-A atau YO-GA atau DUONG-GA yang kemudian dikenal dengan Meditasi YO-GA.

Dalam praktek meditasi YO-GA yang melambangkan atau dengan simbol DUA JARI atau 劍指 JIAN ZHI disebut sebagai YO-GA PRANA atau MUDRA PRANA YO-GA, yang makna MUDRA artinya SIMBOL atau LAMBANG sedangkan PRANA yang artinya NAFAS KEHIDUPAN atau KEKUATAN HIDUP atau KEKUATAN VITAL yang merujuk kepada 氣 QI atau CHI atau KI/GI.


Oleh : Kang Janonone ▶ 覓 探以 MI TAN-I 道佑 TA(TAO)-YU 周華 JA-WA (ZHOU-HWA) 周遺 JA-WI (ZHOU-WI)


Referensi:

https://en.wikipedia.org/wiki/Sexagenary_cycle

https://en.wikipedia.org/wiki/Heavenly_Stems

https://en.wikipedia.org/wiki/Earthly_Branches

https://id.wikipedia.org/wiki/Airlangga

https://id.wikipedia.org/wiki/Sri_Isyana_Tungg

awijaya

https://id.wikipedia.org/wiki/Makutawangsaward

hana

https://id.wikipedia.org/wiki/Mpu_Sindok

https://en.wikipedia.org/wiki/L%C3%BD_dynasty

https://en.wikipedia.org/wiki/Yang_(surname)

https://en.wikipedia.org/wiki/Yangtze

https://en.wikipedia.org/wiki/Yang_Wu

https://en.wikipedia.org/wiki/Yang_Xingmi

https://en.wikipedia.org/wiki/

Hongnong_Commandery

https://en.wikipedia.org/wiki/Emperor_Wen_of_S

ui

https://id.wikipedia.org/wiki/Dapunta_Hyang

https://en.wikipedia.org/wiki/Yelang

http://english.china.org.cn/english/culture/

230489.htm

https://en.wikipedia.org/wiki/Kinh_D%C6%B0%C6%A1ng_V%C6%B0%C6%A1ng

https://en.wikipedia.org/wiki/An_D%C6%B0%C6%A1ng_V%C6%B0%C6%A1ng

https://en.wikipedia.org/wiki/Erlang_Shen

https://id.wikipedia.org/wiki/Kakawin_Arjunawiw%C4%81ha

https://en.wikipedia.org/wiki/L%C3%BC_Dongbin

http://en.daoinfo.org/wiki/Zhongli_Quan

https://en.wikipedia.org/wiki/Zhongli_Quan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Prasasti Canggal / Gunung wukir Desa Kadiluwih Magelang

Prasasti canggal atau dikenal juga dengan nama Prasasti Gunung Wukir merupakan salah satu dari sekian banyak bukti sejarah akan keberadaan dan kebesaran kerajaan Mataram. Peninggalan kerajaan Mataram Kuno tersebut ditemukan di wilayah Magelang tepatnya berada di Desa Kadiluwih, Kecamatan Salam Magelang. Sebagaimana peninggalan sejarah pada masanya prasasti ini juga dibuat dengan sebuah batu bertuliskan aksara pallawa serta memuat simbol dalam menunjukkan waktu pembuatannya. Simbol yang terdapat dalam menggambarkan angka tahun berbunyi Sruti-Indriy- Rasa yang kemudian diterjemahkan oleh para peneliti dengan angkat tahun 654 saka atau enem-limo-papat (dalam bahasa jawa) yang berarti bertepatan dengan tahun masehi ke- 732. Prasasti canggal memiliki isi sebanyak 12 bait yang di dalamnya menerangkan mengenai berdirinya dinasti sanjaya sebagai penguasa di wilayah jawa sebagai pengganti raja Sanna yang telah tiada. Selain hal tersebut prasasti peninggalan kerajaan mataram kuno ini juga ber

Prasasti Kudadu Gunung Butak

Prasasti Kudadu ditemukan di lereng Gunung Butak yang masuk dalam jajaran Pegunungan Putri Tidur. Gunung Butak berada dalam wilayah perbatasan Kabupaten Blitar dan Kabupaten Malang, Jawa Timur. Prasasti Kudadu bertarikh 1216 Çaka atau bertepatan dengan 11 September 1294 M, dengan menggunakan aksara Kawi Majapahit. Prasasti ini dipahatkan pada lempeng tembaga (tamra praśasti) yang dikeluarkan oleh Raden Wijaya yang bergelar Kertarajasa Jayawardha Anantawikramottunggadewa. Prasasti Kudadu atau yang dikenal juga dengan Prasasti (Gunung) Butak – sesuai dengan lokasi ditemukan prasasti – menyebutkan tentang pemberian anugerah raja Kertarajasa Jayawardhana kepada pejabat Desa Kudadu berupa penetapan Desa Kudadu sebagai sīma untuk dinikmati oleh pejabat Desa Kudadu dan keturunan-keturunannya sampai akhir zaman. Para pejabat Desa Kudadu itu mendapat anugerah demikian karena telah berjasa kepada raja sebelum dinobatkan menjadi raja dan masih bernama Narārya Saṃgrāmawijaya. Pada waktu itu, Sa

Prasasti Pedang Goujian (Raja Yue/Yi)

Pedang Goujian (simplified Chinese: 越王勾践剑; traditional Chinese: 越王勾踐劍) adalah artefak manuskrip arkeologis dari periode Musim Semi dan Musim Gugur (771-403 SM) yang ditemukan pada tahun 1965 di Hubei, Cina. Dibuat dari perunggu, terkenal karena ketajaman dan ketahanannya terhadap noda yang jarang terlihat pada artefak yang sudah sangat tua. Artefak manuskrip bersejarah Tiongkok kuno ini saat ini dimiliki dan disimpan oleh Museum Provinsi Hubei. Pada tahun 1965, ketika penelitian arkeologi dilakukan di sepanjang saluran air utama kedua Waduk Sungai Zhang di Jingzhou, Hubei, serangkaian makam kuno ditemukan di Kabupaten Jiangling. Penggalian dimulai pada pertengahan Oktober 1965, berakhir pada Januari 1966, akhirnya mengungkapkan lebih dari lima puluh makam kuno Negara Chu. Lebih dari 2.000 artefak ditemukan di situs tersebut, termasuk pedang perunggu berhias prasasti, yang ditemukan di dalam peti mati bersama dengan kerangka manusia. Peti mati itu ditemukan pada bulan Desember 1965, d